Mendengarkan Bayi Anda

Mendengarkan bayi Anda

ketika kehamilan berlanjut, bidan/dokter mulai mencoba untuk mendengar detak jantung janin Anda. Hal ini terutama ditujukan untuk mengkonfirmasikan bahwa janin Anda memang hidup.
Detak jantung janin ini berubah saat mereka tumbuh. Dengan 8 sampai 10 minggu kehamilan (ketika detak jantung pertama dapat diukur pada gambar USG) tingkat secara signifikan lebih tinggi di sekitar 170 sampai 200 denyut per menit (x/menit). Namun, dengan sekitar 20 minggu tingkat turun lebih sekitar 120 sampai 160 denyut per menit, tetapi mungkin berfluktuasi antara 110 dan 170 x/menit, biasanya dalam kaitannya dengan bayi bergerak (tingkat yang lebih tinggi ketika mereka lebih aktif dan lebih rendah ketika mereka tidur). Selama persalinan dan setelah kelahiran denyut jantung mereka tetap antara 120 dan 160 bpm (berkisar 110-170 x/menit).

Tahukah Anda? Detak jantung bayi yang belum lahir dapat terdengar sedikit seperti kuda berderap.

Mampu mendengar detak jantung bayi Anda adalah sesuatu yang kebanyakan orang tua tunggu dengan penuh harap. Namun, ini hanya menjadi mungkin dalam beberapa tahun terakhir dengan penggunaan teknologi Doppler oleh bidan/dokter. Ada dua buah peralatan yang dapat digunakan untuk mendengarkan detak jantung janin Anda. Ini adalah:

– Pinard ini stetoskop/ leanex

Stetoskop Pinard itu. Di masa lalu, bidan paling banyak menggunakan stetoskop Pinard untuk mendengarkan detak jantung janin. Ini adalah alat berbentuk kerucut terbuat dari plastik, logam atau kayu ditempatkan pada perut wanita di bagian bahu/punggung janin (bisa ditemukan setelah bidan/dokter malakukan palpasi**) lalu kemudian mereka menempatkan alat tersebut pada telinga untuk mendengarkan bayi, kadang-kadang menghitung tingkat denyut jantung per menit.

stetoskop Pinard ini hanya dapat digunakan setelah sekitar 20 sampai 24 minggu kehamilan, saat bayi cukup besar untuk mendengar detak jantung mereka dengan jelas dengan cara ini.
Banyak orang tua mencoba untuk mendengar detak jantung janin mereka dengan stetoskop biasa. Ini kadang-kadang efektif, tetapi tidak selalu mudah untuk mendengar. Setelah sekitar 30 sampai 32 minggu kehamilan, pasangan Anda mungkin dapat mendengar detak jantung bayi anda dengan menempatkan telinga mereka langsung pada perut Anda. Ini membantu jika mereka memiliki ide di mana bayi berbaring, menempatkan telinga mereka di mana Anda berpikir letak bahu janin. bahkan beberapa orang yang telah menggunakan roll kardus toilet kosong untuk melakukan hal ini!

Keterangan:
** PALPASI
Palpasi = prosedur rutin yang merupakan bagian dari setiap kunjungan antenatal setelah sekitar 12 minggu kehamilan.
Palpasi adalah istilah medis untuk meraba.
Tujuan mereka melakukan palpasi pada perut Anda adalah untuk memonitor perubahan ukuran rahim Anda dan pertumbuhan dan posisi bayi Anda untuk menilai sesuai dengan perkembangan dan “kemanuan” kehamilan.
Tindakan palpasi ini tidak menyakiti bayi Anda karena mereka dikelilingi oleh bantalan yaitu cairan ketuban.

Source: Bidan Kita 2013

 

Leave a Reply